Sunday, May 12, 2013

zat adiktif : Jogja!

"Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

Di persimpangan, langkahku terhenti
Ramai kaki lima menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri, di tengah deru kotamu"


ga bohong dengan lagu ini. Yogyakarta punya segudang cara buat kita ketagihan untuk datang kesana lagi. lagi dan lagi. sebagai anak perantauan dari Bekaseh, gue pun udah terkontaminasi dengan pesona Yogyakarta! Rencana pun, setelah lulus gue pengen bertempat tinggal di Yogyakarta. Hidup disini. Amiin ya Allah :))

Tapi, hidup disini ga semudah mbalik tempe di wajan penggorengan. Banyak hal-hal yang beda antara Bekasi dan Yogyakarta. Salah satunya adalah : Cara Berkendara...........

kalo di Bekasi, sering banget ngeklakson angkot karena dia mengendarai angkot ajul-ajulan. setiap ada yang nyetirnya ngawur pasti gue akan mengklakson mobil atau motor itu. maksutnya biar mobil atau motornya minggir gituh.
inilah bedanya di Jogjakarta......................

suatu hari, lagi naik motor di Jakal. Ini motor supra nyalip ga liat spion, akhirnya gue klaksonin. "TIIINNNN TIIIINNN" terus gue salip sambil lirik-lirik gitu ceritanya mau masang muka jutek. Bapaknya malah klakson balik, dan tangannya melambai. Lah koook malah dikira nyapa -_____________-

selain itu, pernah juga ada orang nyebrang maksut hati di klakson biar ga nyebrang dulu. dia malah, tereak nyapa "nggih mbaak" siapa yang nyapaaaaaaaaaaaaaaaa -__________________-

Kalo orang jakarta, Bandung, Bogor, Bali rata-rata nyetirnya ngebut dan suka salip. Plat nomer H, AD, AB,AA suka ga ngasih tanda kalo belok dan nyetirnya suka nanggung haha. tapi setelah ngobrol sama temen-temen, gue pun mengambil sebuah kesimpulan bahwa tiap kota itu punya cara berkendara yang berbeda masing-masing. Jadiii, tetep saling ngehargai aja yaaa :D

Kerudung!
model disamarkan :p
jadi begini bentuk kerudung khas anak sekolah di Jogja. agak maju gitu. kalo di Beksi dan Jakarta, gue jarang nemuin kerudung yang kayak gini. Tapi yang jelas, Jogja itu selalu punya ciri KHAS :))
Jembatan = Tempat Nongkrong!
Di jogja punya banyak jembatan, dikit-dikit ada jembatan. Jembatan kali code yang paling terkenal. Dimana ada jembatan, disitu ada orang nongkrong, alias banyak orang pacaran sih...............
ga siang, ataupun malem. Seneeng banget nongkrong di jembatan. Pernah gue menemukan orang pacaran bawa rantang makan di jembatan............ berasa piknik di Kebon Raya Bogor.

Andai aja orang jakarta bisa memanfaatkan jembatan sebagaimana orang jogja lakukan. Mungkin Mcd, Pizza kali malang ga laku lagi. Semua orang pindah nongkrong di deket jembatan. Ga perlu butuh duit banyak, makanan udah masak dari rumah bawa pake rantang. haus, tinggal ambil air di bawahnya. Mau romantis-romantisan, tinggal main siram-siraman air di Kali. Bahagia banget gak tuh!

Di jogja punya banyak tempat hiburan alternatif yang ga perlu ngeluarin duit banyak.
  • Kalo Jumat, nganggur pengen ketawa. Tinggal nonton standup comedy di djendelo cafe, duduk aja ga perlu mesen minum :P
  • Senin malam? Ikut JMS aja, Jazz Mben Senen. musik jazz gratis dan keren-keren yang main. 
  • Minggu pagi? Sunmor dong! lo akan menemukan keajaiban harga di setiap barang uniknya :))
  • Paling seneng kalo di Jogja bener-bener bosen adalah......... keYang paling sering gue lakukan kalo bosen sih berduaan.... jalan-jalan muter keliling jogja, nikmatin suasananya sama..... Mimin <3>
  • Pantai! Pantai Jogja itu surga dunia. banyak dan masih bersih banget. jangan bandingkan pantai ancol ya anak jakarte :P

Minggu kemaren abis dari pantai Sundak bareng Anna, Jule, Ronny. Nanti akan gue bahas pada postingan berikutnya :))

Nggak kaget kalo orang yang merantau pasti berpikir untuk menetap tinggal di kota ini. Jogja kayak punya semacam zat adiktif gue rasa. Mungkin suasana jogja yang bikin gue punya alasan untuk males balik ke Bekasi haha. Rencana liburan semester ini akan gue habiskan di jogja lagi, puasa disini, tapi liburan kali ini bukan untuk seneng-seneng, tapi berjuang! semangat! Haaffffff........... :))

No comments: