Thursday, July 1, 2010

penderita hemangioma

hemangioma merupakan jenis kelainan pembuluh darah. atau orang sering menyebutnya dengan tanda lahir. hemangioma adalah tumor pembuluh darah, namun tidak selalu berbentuk benjolan seperti tumor pada umumnya

pola pertumbuhannya dibagi menjadi 3 fase atau tahapan. masa pertumbuhan secara cepat terjadi pada usia 6-12 bulan. kemudiam proses penyusutan yang mulai melambat di usia 1-7 tahun. diakhiri pada tahap tidak akan tumbuh lagi. Hemangioma akan mengalami kemunduran secara komplit pada sekitar 50 persen anak di usia 5 tahun dan 70 persen di usia 7 tahun. penyusutan berakhir saat anak berusia 10-12 tahun. yang terlihat hanya sedikit sisa jaringan lemak. bahkan, ada pula yang terlihat seperti kulit normal

saya adalah salah satu penderita hemangioma, saya mempunya benjolan seperti daging berwarna gelap yang tumbuh di sekitar kaki atau kata dokter itu adalah tumor pembuluh darah. anehnya sejak kecil hingga kini, tumor itu semakin membesar. dan sakit jika dipencet berbeda dengan kulit yang lain.

sebenarnya 6 tahun yang lalu saya sudah operasi, namun seiring bertambahnya umur dan fisik saya yang semakin tinggi dan besar, tumor itu ikut membesar. itulah alasan saya mengapa saya akhirnya memilih jalan operasi sebagai jalan terbaiknya


sebelom operasi di buat dulu gambarnya, macam orang mau gambar maka dibuat dulu sketsanya maunya sih bentuknya kupu-kupu gambarnya tapi daripada dimarahin dokter yodah deh diem aje.


suster-suster yang udah ngebantu. makasih sus :)

operasi dimulai dari jam 3 sampe jam 5. tapi 45 menit terakhir saya dalam keadaan setengah sadar, disaat itu saya malah ngobrol sama ayah sambil lagi dijahit bekas operasinya.

dan ternyata ini belom tuntas kawan -____- masih akan ada operasi terakhir kira-kira 6 bulan lagi atau satu tahun dari sekarang. karena besar banget tumornya makanya harus 3 kali operasi. pertama operasi 6 tahun yang lalu. lalu tanggal 1 kemaren dan mungkin 1 tahun lagi.

tapi sekarang tinggal dikit tumornya

nah ini kira-kira bagian yang udah dibuang


maaf kalo kiranya menjijikkan saya hanya ingin berbagi cerita untuk sesama hemangioma. sebenernya putih itu apa ya? kaya tetelan bakso hihi.

1 comment:

Anonymous said...

HAAAAH yang pake baju putih itu aku? gendut beneeeeer-_- (re: fotomu pake baju coklat)