Monday, November 5, 2012

kalo bukan kita, siapa lagi?

ini hanya sekedar sebagian Dialog, membuka mata dengan senior Fakultas Hukum 2008 yang belum lama ini lulus pendadaran. yang lulus ga sekedar dengan bawa nama gelar dan IP aja. Tapi jiwa sosial dan pemikiran-pemikirannya acung 200 jempol!!!

S: saya
K: Kakak Senior

S : Kak, abis lulus mau kemana?

K : Aku abis lulus mau ikut ngajar di Indonesia Mengajar insya Allah kalo kesempatan...

S : ga cari kerja kak? s2? nikah gitu?

K : haha, nikah mah nanti aja. Kerja ga usah dicari, rejeki ga bakal kemana. Kamu sedih ga ngeliat pendidikan di Indonesia diajar sama orang-orang yang kurang ilmunya? kita sebagai mahasiswa, oran-orang yang berilmu, yang dianggap bisa mengubah bangsa, ya harusnya kita yang mulai membangun negeri ini. Mulai dari pendidikannya. Siapa orang lulusan yang bener-bener berilmu rela mau ngajar di pelosok Indonesia kalo bukan yang hatinya terketuk? Berapa orang yang masih mau peduli sama adek-adek kita di desa-desa yang terpencil sana?

S : iya kak, aku setuju banget. Tapi, disamping itu kan kita punya orang tua, yang udah biayain kita selama ini, berharap anaknya cepet jadi orang sukses, berkeluarga. Gimana mereka kak?

K : Loooh... sukses itu banyak dilihat seginya na, orang yang punya banyak uang disebut sebagai orang sukses? Bagi aku engga. Sukses itu orang yang bisa menuruti kata hati kecilnya, berguna untuk orang lain. Cita-cita orang tua? mereka pasti akan mengerti dengan sendirinya sher. kadang panggilan hati ga bisa ditolak. sukses itu banyak hal. jangan liat dari satu sisi.

S : Kalo udah ikut Indonesia Mengajar, kakak mau ngapain? Kerja dimana kak kira-kira? kakak mah kalo cari kerja insya Allah gampang, prestasinya aja segudang.

K : kerja ga hanya dilihat dari Prestasi. Prestasi dan IP itu menunjang, tapi semuanya dilihat dari orangnya masing-masing. Aku pengen jadi dosen di Universitas manaaaaa gitu yang ga terkenal sher. Biar nama universitasnya bisa terangkat. Yaaaa, sekali lagi, kalo orang yang bener-bener mampu di bidangnya untuk ngajar ditaruh di Universitas terkenal. Pasti biasaaa ajalaah rasanya jadi dosen. Tapi kalo bisa ngajari di Universitas yang namanya belum terangkat dan bisa jadi prestasi. Itu luar biasa. Tantangan besar. Itulah motivasi dosen, membuat mahasiswanya berprestasi dan intelektual.
Uang bukan segala-galanya, dengan uang mungkin kamu bisa buat beli apa ajaaa yang kamu mau. tapi dengan hati, kamu bisa membaut negara ini besar. Ga ada yang bisa lebih membahagiakan daripada membuat Indonesia jadi besar sher. Jadi bermanfaat buat sesama

 Dialog ini masih belum selesai. Masih panjang cerita yang membuat mata hati saya kebuka.... Salut! Masih
 ada orang yang berfikir bahwa, uang bukan segala-galanya, tapi menjadi bagaimana bermanfaat buat orang lain itu lebih dari segala-galanya! Negeri ini bukan hanya butuh orang cerdas! tapi juga butuh orang yang peduli dengan sekitarnya. Kalo bukan dimulai dari kita, siapa lagi?



No comments: