Sunday, December 25, 2011

mengucapkan selamat itu salah?

sejak kemarin suasana Natal di kosanku mulai terlihat. banyak yang berdatangan ke kosanku, yang sebagian besar adalah saudara-saudara Ibu kosku dan saat ini beliau sudah tidak muda lagi usianya.

Pohon Natal, Makanan yang banyak, Hadiah, Keluarga. aku jadi ingat keluargaku di Bekasi. walaupun aku tidak merayakan Natal, namun kemeriahan Natal dapat aku rasakan. Serasa lagi di rumah suasana lebaran :D

biarpun berbeda, tapi tidak ada salahnya jika aku mengucapkan Selamat Natal bagi yang merayakannya. Bagi saya, mengucapkan selamat hari raya adalah sebuah kepedulian dan toleran terhadap umat bergama yang lain. ketika seseorang mengatakan pada saya " kamu mengucapkan selamat natal, berarti kamu ikut mempercayai dan merayakan hari rayanya" hmmm bukankah, Islam mengajarkan untuk toleran kepada agama lain? apakah salah hanya sekedar mengucapkan Selamat saja?

Ya, bagaimanapun, kita kembali pada apa yang kita percaya dan kita yakini. bagiku, "Lakum dinukum waliyadin"
"untukmu agamamu untukku agamaku"
enggak masalah bagaimana Natal itu, sejarahnya, ataupun perayaannya. bagiku, saya tetap percaya dan meyakini agama yang saya yakini, tapi dengan tetap bertoleransi dengan agama lain. toh, di Indonesia, nggak cuma terdiri dari satu agama kaaan?

Peace, Love, and Gawul yaach.

milkysmile

No comments: