Thursday, April 19, 2012

"hukum bunuh diri" (?)

ujian mid kali ini kelar. tapi gue gak mau berteriak mesem-mesem kesenengan. ga mau gaya-gayaan, hura-hura, party-party gaya bangetintinya.... gak berani sok-sokan buat semester ini. tetap berusaha dan berdoa. semangat mbake!!!

di pertengahan UTS kemarin, pas lagi foto copy materi-materi di potokopian deket kosan. tiba-tiba menemukan segepok kertas fotokopian. 600 lembar. jumlahnya sih ga bikin kaget. tapi yang bikin kaget itu judul kertas fotokopiannya. 

berjudul..Hukum Bunuh Diri. jengjengjeng..... horor banget coy.


ngeliat judulnya, langsung tertarik buat ngebaca. apalagi di dalam kondisi ditengah-tengah uts gini. rasa-rasanya pengen beli baygon. lalu, segera disemprot ke badan ama otak. biar rasa malesnya ilang. blah

karna ga enak ama abang-abang foto copynya buat ngebaca kertas-kertas bejibun itu. akhirnya cuma baca dari halaman depannya aja, ada ayat-ayat arabnya gitu. dan disitu yang paling gue inget adalah, ada tulisannya al baqarah ayat 54. yang artinya setelah gue baca di gugel adalah.........



Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya:”Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sesembahanmu), maka bertaubatlah kepada Rabb yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Rabb yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang [54], Dan (ingatlah), ketika kamu berkata:”Hai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan terang”, karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya [55], Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur [56], Dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu “manna” dan “salwa”. Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu. Dan tidaklah mereka menganiaya Kami, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri [57]”. (Q,.s.al-Baqarah/02: 54-57) 



setelah baca pertama kali, terbersit arti kalo bunuh diri boleh ga sih? setau yang pernah saya pelajari sih bunuh diri itu enggak boleh, karena melawan kehendaknya Allah.

terus maksut ayat ini apa dong?



saya juga kurang paham maksutnya, setelah saya cari lewat gugel sih maksutnya membunuh diri ini adalah membunuh hawa nafsu. di keterangan di penjelasan Alqur'an maksutnya
"membunuh dirimu itu ada yang mengartikan orang2yang tidak menyembah patung sapi membunuh yang menyembah. ada yang mengartikan orang yang menyembah sapi saling membunuh , ada yang mengartikan orang2 membunuh dirinya masing 2 untuk bertoubat"

setau saya juga bunuh diri dalam hal apapun konteksnya, tetep nggak boleh dalam islam.


gue ga bermaksut bilang itu kertas-kertas sesat, mungkin dibalik kertasnya tertulis penjelasan penafsiran dari ayat tersebut. tapi kalo ngga ada tulisannya sih, fix banget sesat  -_____-

intinya, penafsiran ayat banyak hal yang harus dilihat, mungkin ada kaitannya sama ayat sebelumnya atau gimana, aku juga kurang paham...

duh, maap kalo gak jelas, saya cuma mahasiswi biasa yang lagi penasaran. rasanya belom lega aja kalo belom paham penafsiran dari ayat ini.
mungkin anda, yak anda yang sedang membaca, bisa membantu saya menjelaskan?  ;)

No comments: