Monday, April 12, 2010

batak dan jateng

sebagai orang jawa tengah solo-klaten maka bokap nyokap gue sangat menerapkan kejawa-an mereka, seperti kalo pulang jawa gue harus mengerti bahasa jawa karna saudara-saudara gue sebagian besar make bahasa jawa, jadi budaya jawa tengah sangat kental dirumah gue, hm mungkin gara-gara nyokap bokap gue sama-sama berasal dari daerah yang sama JAWA TENGAH !

tapi gue mikirin juga, kalo gue nikah sama orang batak tulen, terus anak numpang lahir di Jerman dan tinggal di jakarta. suatu hari nanti anak gue pasti nanya "Ma aku orang mana sih? batak? jawa? jerman apa betawi? "
nilai-nilai mana yang akan gue tanamkan? apakah norma dan kebiasaan orang batak, ataukah jawa? betawi? hhhhhhhh gue sudah memikirkan itu

gue yang orang jawa berbudaya kentel aja, masih kebawa betawinya kadang manggil bokap dengan sebutan "babeh" hm indonesia indonesia begitu banyak budayamu :)

YOYA ngomong-ngomong soal jawa dan batak dirumah di tempat mushola ada tulisan " sopo dorong sholat "
kalo diartikan dalam bahasa jawa ke indonesia
sopo dorong sholat => siapa belum sholat?

diartikan dalam bahasa jawa ke batak
sopo dorong sholat => siapa dorong sholat => (kurang tepat hm mungkin begini yang lebih tepat) siapa yang dorong orang sholat?

wakaka itu mungkin jadi lucu ya

No comments: