Tuesday, July 17, 2012

lagu anak-anak belum ngilang kok :)

" Lagu cinta melulu
Kita memang benar-benar melayu
Suka mendayu-dayu
Apa memang karena kuping melayu
Suka yang sendu-sendu
Lagu cinta melulu "


sepenggal lagu efek rumah kaca tersebut, cukup membuat saya berpikir, " Ah apa benar, karna kita melayu lagu-lagu yang dibuatpun hampir kebanyakan mendayu, dari umur bocah sampai dewasa, semua cinta-cintaan. Apa yang salah dengan telinga masyarakat di negaraku? "

Ketika lagi di Stasiun UI depok, sambil nunggu kereta, ada seorang pengamen anak kecil yang nyanyi lagunya D'Masiv. biasalaah lagu cinta-cintaan. lalu, saya nanya " dek, lagu lain bisa? nanti aku kasih 3000 nih satu lagunya "
" hmmmm ngga bisa kak "
" dicoba deh, balonku? "
" oke deh... " lalu dia nyanyi balonku, tapi.... ditengah jalan dia lupa lagunya .____.

 " adek, mau nyoba lagu lain? bintang kecil? atau apa aja boleh kok, dikobok-koboknya joshua deh gampang tuuh "
" aku ngga hapal kak, bisanya D'Masiv "

shock? enggak. karena memang sebagian besar anak kecil saat ini jiwanya begini. udah mendayu-dayu. inget juga ponakanku bernama Alia. yang pas saya ke Solo, tiba-tiba dia menunjukkan keahlian barunya. yaitu.......
nyanyi lagu cherrybelle sambil joget-joget. Aih..... lucu tapi ngenes......

ngenes kenapa disaat dia harus mengerti indahnya lumba-lumba bermain sirkus, atau membedakan ubi dan singkong melalui lagu kanak-kanak tapi.... dia jadi tau hal-hal yang seharusnya belum saatnya diketahui. Dewasa lebih cepat. eh salah deng. yang bener mungkin bakal..... centil lebih cepat -___-'

Apakah, produser musik atau pencipta musik ga ada lagi yang peduli dengan anak-anak? ataukah ga ada radio yang nyiarin lagu kanak-kanak? karena.... Saya gak mau kalo anakku nanti harus mendengar lagu-lagu rayuan maut dan mendayu-dayu kaya gini. Tidak mau.

Ternyata, kota yang sedang saya tinggali ini masih peduli dengan lagu anak-anak :)
Pas lagi nunggu motor yang lagi dicuci sama Jule, kebetulan abang-abangnya nyetel radio, tapi abangnya emang sayang anak kali yah :''') radio yang diputer lagunya anak-anak. Satu hal yang baru saya tau juga adalah, ada lagu anak-anak di stasiun radio Jogja.
ciaaamik. ga cuma lagunya yang diputer, jadi anak-anak cilik di Jogja bisa nelpon ke radio tersebut dan bisa langsung nyanyi lagu anak-anak yang dia pengen. Radio keren ini bernama Redjobuntung. Salut banget di Era seperti ini, masih ada yang peduli dengan pertumbuh kembangnya jiwa anak-anak :)

beberapa lagu yang sempet didenger dari radio tersebut nih :
" Amrin membolos, kata bu guru. jangan membolos. Menyusahkan ibu...."
setelah aku cari di gugel ternyata judulnya.... ---> Amrin Membolos

ada juga....
" ular naga panjangnya bukan kepalang, berjalan-jalan selalu riang kemari..... "
udah pernah denger dong? lagu jaman dulu ini masih ada sampe sekarang :'''')

nah terakhir yang aku catet liriknya yaitu :
" jika kau makan pisang, tidak dengan kulitnya, kulit di buang di keranjang, keranjang sampah namanya...."
ternyata itu lagunya pak kasur setelah cari di internet.....

Nah, lagu yang kayak gini yang kudu didenger untuk bocah-bocah. Agar sang bocah mengerti apa gunanya keranjang sampah, nggak suka mbolos, dan ga takut lagi sama ular :''')
betapa besar manfaat lagu anak-anak kayak gini wahai Pencipta Musik. Coba bayangkan betapa banyak pahala yang didapat dari lagu yang besar manfaatnya buat masa depan jiwa anak-anak bung!

Demi masa depan anak kalian om dan tante, demi masa depan anak saya kelak.
Yok, lestarikan lagu anak-anak :)

No comments: